Sederhana, Begini Cara Mengatasi Hp Bootloop Lewat Pc

Bukankah menjengkelkan ketika ponsel android andalan tiba-tiba bootloop atau macet hingga di logo saja? Sudah coba restart tetap tidak berhasil? Juga sudah coba hapus cache bahkan factory reset lewat recovery juga tanpa hasil? Artinya pemulihan tidak berhasil dari dalam, maka satu-satunya cara ialah menyuntikkan kembali sistem lewat luar. Jangan khawatir, cara mengatasi hp bootloop lewat pc secara garis besar sangat sederhana.



Cara Mengatasi Hp Bootloop Lewat PC Sebenarnya Sederhana

Bootloop sendiri merupakan suatu kondisi dimana ponsel tidak sanggup menampilkan sistem dikarenakan adanya kegagalan penyiapan. Ketika ponsel android sudah tidak merespon ketika dicoba direset melalui recovery bawaan maupun custom, artinya ada file yang hilang ataupun rusak di dalam sistem ketika ini. Maka dari itu, bagaimanapun Anda mencoba untuk memulihkannya, tetap saja tidak berhasil.

Terkecuali jikalau Anda mempunyai backup sistem ketika si android sedang sehat, maka Anda sanggup memulihkannya lewat recovery tersebut. Namun bagaimana jikalau Anda tidak punya file cadangan tersebut? Maka melaksanakan flashing menjadi alternatif selanjutnya yang Anda pikirkan.

Cara mengatasi hp bootloop lewat pc atau flashing sendiri bahwasanya terdiri atas beberapa langkah yang itu-itu saja. Namun, software yang dipakai menyesuaikan dengan jenis prosesor dan merek pembuat ponselnya. Berdasar jenis prosesor, software flashing memakai alat berbeda. Untuk chip MediaTek memakai SPFlashtool, Qualcoom dengan QFIL QPST, kepetangan memakai kepetangan flash tool, Spreadtrum dengan Research Download dan lain sebagainya. Sony memakai Sony Flashtool, Samsung dengan ODIN, Xiaomi dengan MiFlash dan lain sebagainya.

Berikut ini kami akan menjelaskan cara flashing secara sedehana untuk chipset MediaTek yang merupakan chip terbanyak di pasaran ketika ini.

Yang perlu Anda siapkan antara lain;
  • PC/Komputer/Laptop (contoh dengan OS Windows)
  • Software Flashing (dalam rujukan ini SP Flash Tool)
  • StockROM menyesuaikan sesuai tipe HP (file berupa arsip yang nantinya diekstrak)
  • Driver ponsel
  • Kabel data (tidak semua kabel USB sanggup dipakai untuk flashing)


Setelah semua peralatan dan software di atas disiapkan, lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu pra-eksekusi dimana Anda harus memastikan proses sanggup berjalan, mulai dengan
  • Install software flashing
  • Install driver ponsel
  • Extract stockROM

Catatan: terkadang proses menginstall driver sanggup menjadi problem yang rumit jikalau Anda tidak mengetahui triknya. Proses instalasi driver ini sanggup berbeda dari satu tipe dengan tipe lainnya. Temukan cara yang sempurna sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda.

Cara Mengatasi HP Bootloop Menggunakan SP Flashtool

  1. Jalankan SP Flash Tool dengan klik kanan Flash_tool.exe kemudian pilih run as administrator.
  2. Klik bab scatter-loading dan arahkan explorer ke direktori file stockROM tadi diekstrak dan pilih file scatter dengan ekstensi .txt
  3. Selanjutnya, file-file stockROM hasil ekstrak tadi akan secara otomatis dimuat ke SP Flash Tool.
  4. Selanjutnya klik tombol download, maka software akan bersiap mengupload file stockROM ke ponsel.
  5. Pastikan ponsel bootloop Anda benar-benar off dengan melepas baterai atau dengan menekan tombol power sekitar 10-15 detik untuk baterai non-removable, kemudian tancapkan kabel USB.
  6. Sebelum menyambungkan ke PC, ponsel harus dalam kondisi Download Mode dimana ia siap untuk mendapatkan file yang akan diupload oleh PC. Mode ini sanggup berbeda-beda sesuai merek dan tipe, maka dari itu carilah warta sesuai dengan ponsel Anda.
  7. Ketika PC siap mengupload dan ponsel siap mendownload, sambungkan kabel.
  8. PC akan mendeteksi bahwa ada ponsel yang menunggu proses download dan akan melaksanakan usul flashing.
  9. Biasanya proses flashing akan dimulai sehabis kafe progress berjalan dengan warna berbeda sesuai proses yang berjalan, contohnya ungu, hijau renta ataupun merah.
  10. Tunggu hingga muncul pop-up dengan tanda centang memberi tahu bahwa proses flashing selesai.
  11. Biasanya, ponsel akan eksklusif reboot, jikalau tidak cabut kabel dan nyalakan ponsel menyerupai biasa.
  12. Terkadang, proses nyala pertama kali sanggup lebih usang dibanding booting biasa.

Itulah tadi cara mengatasi HP bootloop lewat PC dengan software SP Flash Tool. Proses untuk chipset ataupun merek lain tidak akan jauh berbeda. Anda hanya perlu mencari beberapa warta perhiasan menyerupai jenis chipset, software flashing, driver USB, stockROM dan Download Mode. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Ways Snapchat Screenshot Without Them Knowing On Android

Cara Pasang Tema Pihak Ketiga Xiaomi Miui 10