Cara Mengatasi Semua Sensor Mati Di Xiaomi Redmi Note 4/4X (Mido)

Sensor Xiaomi Redmi Note 4/4x tidak berfungsi – Seperti yang kita ketahui,

Xiaomi Redmi 4/4x mempunyai beberapa sensor dengan fungsi yang berbeda-beda. Di antaranya yaitu: Accelerometer, Proximity, Compas, Fingerprint, Gyroscope, dan lain-lain.

Bagaimana kalau semua atau beberapa sensor mati? tentu hal tersebut akan mengganggu fungsi dari smartphone itu sendiri.

Misalnya kalau sensor Accelerometer mati, kita tidak sanggup memotret foto secara landscape atau tidak sanggup memutar rotasi layar secara otomatis.

Apa yang menimbulkan sensor menjadi mati?

Berdasarkan warta yang admin dapatkan dari lembaga atau komunitas Xiaomi, banyak yang mengalami hal serupa. 

Beberapa penyebabnya yaitu melakukan hard reset, melaksanakan flash ROM, unlock Mi Cloud, dan acara lainnya yang menjadikan persoalan pada software yang mengoperasikan sensor tersebut.

Kamu sanggup melihat bahwa semua sensor pada Xiaomi Redmi Note 4 tidak berfungsi sama sekali, menyerupai yang ditampilkan oleh aplikasi Sensor Box berikut ini:

Nah, buat kau yang mengalami hal serupa pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4/4x, kau tak perlu khawatir alasannya pada postingan kali ini admin akan menjelaskan cara memperbaiki sensor yang tidak berfungsi atau mati dengan mudah.

Berikut bahan-bahan yang harus kau persiapkan:
Persyaratan:
Bootloader smartphone kau harus dalam keadaan terbuka, kalau bootloader-nya masih berstatus terkunci (locked), kau harus melaksanakan unlock bootloader terlebih dahulu. 

Untuk mengetahui apakah bootloader-nya sudah ter-unlock atau belum, silakan buka Setelan/Pengaturan > Tentang Telepon > Tap 7x Miui Version
Setelah itu kembai ke Setelan -> Setelan Tambahan -> Opsi Pengembang. Jika ada goresan pena “Kunci terbuka” pada Status Mi Unlock, berarti bootloadernya sudah terbuka seperti 
Lihat di bawah ini:


Jika semua persyaratan dan bahan-bahannya sudah terpenuhi, eksklusif saja kita menuju ke langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Sensor Mati di Xiaomi Redmi Note 4/4X
  • Pertama-tama matikan smartphone kau terlebih dahulu
  • Ekstrak file minimal adb fastbootyang telah didownload tadi, kemudian install file driver-nya di komputer kamu.
  • Ekstrak juga file Fix Sensor yang telah didownload tadi, kemudian buka folder hasil ekstrak-nya
  • Beralih ke hp Xiaomi, masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan hingga muncul logo boneka lagi ngelas robot hijau, kemudian lepas kedua tombolnya
  • Setelah masuk ke mode fasboot, hubungkan smartphone ke komputer memakai kabel USBBeralih ke komputer, 
  • Buka Command prompt (CMD) di dalam folder Fix Sensor tadi. 
  • Caranya, masuk ke folder Fix Sensor -> tekan dan tahan tombol Shift di keyboard -> klik kanan mouse pada area yang kosong -> pilih Open command prompt here
  • Sehingga muncul jendela Command promt berwarna hitamCek apakah smartphone telah terkoneksi dengan komputer. 
  • Caranya ketikkan perintah “fastboot devices” (tanpa tanda kutip) di dalam jendela Command prompt, kemudian tekan Enter
  • Jika smartphone terdeteksi, akan muncul goresan pena berupa kombinasi angka dan karakter di kepingan bawahnya
  • Selanjutnya ketikkan perintah “ fastboot flash persist persist.img” dan tekan Enter.
  • Tunggu hingga muncul tulisan OKAY
  • Reboot smartphone android dengan mengetikkan perintah “ fastboot reboot” dan tekan Enter. Maka smartphone akan restart dan masuk ke hidangan utamaSelesai.
Sampai di sini kita telah berhasil memperbaiki semua sensor yang telah mati sebelumnya. Untuk memastikannya sudah berfungsi atau belum, silakan kau tes secara menual atau sanggup juga mendownload aplikasi yang bernama Sensor Box.
Note : Jika terjadi sesuatu menyerupai (Bricked, FoftBrick, Bootloop) setalah melaksanakan Flashing, Rooting atau yang berhubungann dengan tutorial yang kami berikan, Kami akan membantu untuk menuntaskan persoalan pada smartphone anda dengan cara komunikasi lewat kolom komentar yang sudah disediakan . Seluruh Firmware yang saya share di blog ini, ialah Firmware yang sudah saya test sebelumnya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Ways Snapchat Screenshot Without Them Knowing On Android

Cara Pasang Tema Pihak Ketiga Xiaomi Miui 10