[Update] Macam Kerusakan Hp Android Dan Cara Memperbaikinya

Setiap barang elektronik utamanya HP android tak pernah lepas dari duduk kasus / kerusakan. Walau begitu kita tak boleh frustasi lantaran setiap duduk kasus niscaya ada solusi / cara mengatasi. Masalah muncul tak lepas dari pemakaian atau memang umur smartpone. Masalah pada android terbagi dua yaitu duduk kasus system / aplikasi dan hardware. Untuk duduk kasus hardware perlu skill khusus untuk memperbaikinya, tapi kalau hanya duduk kasus system operasi dan aplikasi kita dapat memperbaikinya sendiri.

Pada dasarnya smartphone android yang beredar di pasaran masih belum sempurna, kita sebagai pengguna sekaligus sebagai tester. Maka dari itu tak heran bila setiap beberapa waktu sekali ada update software atau muncul android generasi baru, itu lantaran produk yang kini ini belum tepat atau jauh dari kata sempurna.

Smartphone itu menyerupai jajanan sekarang, hampir setiap orang punya smartphone. HP serperti barang wajib punya bagi setiap orang. Semakin banyak orang yang punya semakin sibuk pula tukang service. Daripada mengantri di konter menunggu HP kita di service, ada baiknya kita berguru ihwal beberapa duduk kasus kecil android yang sering terjadi. Sehingga bila terjadi paling tidak kita sudah pernah tahu tips dan triknya.

Masalah dan kerusakan pada HP android dan cara memperbaikinya :

Masalah android #1 Android sering hang
Hayo siapa yang pernah mengalami hp hang datang tiba? Atau mungkin malah sering mengalami hal tersebut? Hang yang dimaksud disini ialah layar stuck pada satu jendela dan tidak dapat di geser ataupun dikembali ke homescreen. Intinya macet, tapi kalau dinantikan dapat lancar sendiri.

Hal ini disebabkan mungkin lantaran RAM banyak terpakai dan ROM hampir / bahkan sudah penuh dengan banyak sekali macam data. Jika teman mengalami hal ini silakan coba beberapa langkah singkat berikut :

  • Coba lihat daftar aplikasi yang terinstall dan copot yang jarang atau sama sekali tak terpakai. 
  • Pindahkan game berukuran besar ke memory external yang masih lega.
  • Rajin – rajinlah membersihkan file sampah ( cache dan file temporary ).

Masalah android #2  Baterai cepat habis
Keluhan baterai hp cepat habis tampaknya sudah umum, dapat dibilang banyak yang tak peduli lagi dengan daya tahan baterai lantaran adanya power bank. Tak jarang pengguna android setia membawa charger kemanapun mereka pergi.

Padahal kalau dilihat – lihat HP jaman kini sudah dibekali kapasitas baterai tidak mengecewakan besar dan berdasarkan pabriknya itu sudah diubahsuaikan dengan spesifikasi hp tersebut. Agar baterai teman tahan seharian silakan coba langkah berikut ini :

  • Cobalah gunakan wifi daripada koneksi data.
  • Lebih baik ubah ke mode terbang kalau berada di kawasan yang signyalnya susah.
  • Biasakan gunakan android seperlunya, charger ketika baterai sudah 15% dan cabut pengisi daya ketika sudah 100%.

Masalah android #3 Android cepat panas
Sebenarnya android cepat panas itu ada kaitannya sama duduk kasus di point kedua yaitu signyal. Kalau signyal anggun sudah niscaya android panasnya biasa saja.

Oh iya kalau hp panas ketika digunakan main game berat itu juga wajar, untuk mengantisipasi semua itu ada baiknya teman gunakan HP di kawasan sejuk atau di ruangan ber AC.

Masalah android #4 Sering restart sendiri
Mungkin sebagian kita menganggap android yang sering restart sendiri itu biasa, padahal sejujurnya hp teman sedang mengalami duduk kasus serius. Kalau dibiarkan dapat jadi system operasi dapat rusak yang risikonya ialah bootloop.

Jika sering restart sendiri cobalah untuk cek apakah system operasi sudah terbaru. Bisa jadi ada bug atau duduk kasus kecil pada system sehingga sering restart.

Itulah  masalah HP android dan cara mengatasinya, kalau ada keluhan lain silakan teman tulis dikolom komentar dan nanti akan aku update disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Ways Snapchat Screenshot Without Them Knowing On Android

Cara Pasang Tema Pihak Ketiga Xiaomi Miui 10